Mempercepat Pertumbuhan Jalu Ayam Laga

Written By Unknown on Kamis, 31 Juli 2014 | Kamis, Juli 31, 2014

Ayam bangkok dikenal oleh berbagai kalangan sebagai ayam petarung yang tangguh. Memiliki ayam bangkok berkualitas terbaik merupakan cita-cita dari para penghobiis dan pecinta ayam aduan.

Berbicara mengenai ayam aduan tidak pernah lepas dari yang namanya jalu atau taji, jalu merupakan hiasan sekaligus senjata pada ayam jantan. karena secara alamiah, jalu digunakan untuk memukul lawan atau memukul benda keras yang dirasa membahayakan ayam.

Pertumbuhan jalu pada ayam jantan biasanya di tandai dengan tumbuhnya benjolan pada kedua belah kaki sebagai cikal bakal jalu dan kelak seiring umur bakal jalu ini akan terus memajang dan berbentuk. Namun tanda ini tidaklah umum, karena ada sebagian ayam bangkok yang tidak memiliki jalu, atau pertumbuhan jalunya yang tidak sempurna seperti ayam lepek. Karena itu dalam dunia tarung, kriteria tarung ayam di bagi dua, ayam taji dan ayam pukul. Mengenai ayam taji dan ayam pukul akan di bahas di postingan selanjutnya.

Ayam aduan bangkok membutuhkan pemeliharaan dan perawatan jalu yang baik, karena jika tidak, maka dampaknya nanti adalah pada arah pertumbuhan jalu yang tidak sesuai dengan keinginan kita misalnya jalu yang tumbuh kurang keras, kurang runcing pertumbuhan terhambat, jalu cepat pecah dll.

Yang harus menjadi catatan kita sebagai pemilik ayam bangkok dalam merawat jalu, jangan pernah mempermak jalu pada ayam bangkok muda (lancur), biarkan pertumbuhan jalu pada ayam lancuran ini tumbuh secara alami tanpa campur tangan kita sebagai pemilik. Baru setetelah usia ayam aduan bangkok menjadi jago layak adu, jalu bisa dibentuk dan diarahkan dengan perawatan dan pemeliharaan agar sesuai dengan selera kita.

Cara-cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat tumbuhnya jalu adalah sebagai berikut :

  • Ketika umur ayam bangkok sekitar 5 - 6 bulan, bakalan jalu dikupas lalu dibersihkan pinggiran jalu tersebut dengan amplas agar pertumbuhan jalu tidak terhambat.
  • Korek dengan kuku pangkal jalu dan arahkan sesuai dengan keinginan lalu olesi dengan mentega, sehingga pertumbuhan jalu menjadi lebih cepat dan lebih besar.
  • Berikan belimbing wuluh pada pangkal jalu dengan cara mengolesinya dengan air buah belimbing wuluh tersebut. Hal ini berfungsi sebagai perangsang bagi pertumbuhan jalu agar lebih cepat tumbuh.
  • Berikan bawang putih atau kunir (kunyit) agar jalu padat, kuat, keras, dan kokoh.
  • Amplas jalu secara berkala dan terkontrol secara kontinyu agar arah tumbuhnya sesuai dengan apa yang kita harapkan, karena itu alangkah baiknya jika pengasahan jalu harus selalu diperhatikan.
Demikianlah cara Mempercepat Pertumbuhan Jalu Ayam Laga untuk anda para hobiis ayam bangkok, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar