Tipe Ayam Adu Menurut Primbon Jawa

Written By Unknown on Kamis, 16 Agustus 2012 | Kamis, Agustus 16, 2012

Primbon jawa mengenai ayam adu begitu populer di kalangan penghobi ayam adu, banyak yang meyakini kebenarannya. Soal benar tidaknya semua dikembalikan ke keyakinan masing-masih hobiis. Berikut beberapa kriteria yang saya sadur dari berbagai sumber, mungkin belum lengkap, baru segitu yang saya dapat, jika ada tambahan silahkan berbagi di kolom komentar di bawah. Dan yang ingin menambah wawasan mengenai kriteria sisik dan kaki baca juga Primbon Jawa Tentang Sisik Ayam Adu. Semoga bermanfaat, salam ayam adu(^.^)

Wiring Galih, jengger berbelah tiga seperti kelapa atau jambu setengah telungkup, mata kuning, kaki hitam, taji bulungan, ekor lebat, sisik kecil.

Wiring Kuning, jengger berbelah tiga seperti kelapa atau jambu setengah telungkup, mata kuning, kaki doreng, taji hitam, ekor lebat.

Wiring, jengger berbelah tiga, kepala kecil, mata merah, kaki kuning, ekor warna putihnya semburat)

Wido Cempaka, jengger berbelah tiga, kaki dan taji warna kuning, ekor lebat, sisik mulus, supit (tulang pinggul) pendek

Lurik Sana, jengger berbelah tiga, kepala besar, mata kuning, kaki doreng, taji dobel, sisik mulus

Putih mulus (semu ireng = semu-semu hitam kalau di dunia percetakan ini rasanya ruster kali ya,...!?) jengger berbelah tiga serta bertahtahkan seperti delima.

4 komentar:

ayam kampung mengatakan...

wah pinter nih agan. seneng adu ayam juga ya? request gambar ayam menurut jenisnya mas kalau ada. trims n salam kenal

Unknown mengatakan...

Hehe.. ngga jg gan, itu artikel sebenarnya hasil browsing jg, copas dr blog sebelah, kebetulan di tempat saya primbon jawa mengenai ayam adu sangat populer makanya saya pikir ga ada salahnya di bagiin.. Hehe.. Saya memang hoby adu ayam gan, tp masih pemula.. Ok insyaAllah saya usahakan yap? Tq uda berkunjung, salam kenal...

Unknown mengatakan...

Primbon buat dapet cowok cakep ada ngga.. hehe.. Nice blog, guys..

Unknown mengatakan...

Ada..

Posting Komentar