Tips Memandikan Ayam Bangkok

Written By Unknown on Kamis, 16 Agustus 2012 | Kamis, Agustus 16, 2012

Tips Memandikan Ayam Bangkok - Agar penampilan fisik dan kebugaran ayam bangkok terjaga, peternak dapat mengadakan perawatan dan latihan sejak berumur 7 bulan. Perawatan ayam bangkok antara lain adalah memandikan dan menjemur setiap hari.

Setiap hari sekali ayam bangkok perlu di mandikan untuk membersihkan semua kotoran yang melekat pada tubuh dan bulu-bulunya. Dengan di mandikan itu kondisi fisiologis dan bentuk tubuh ayam bangkok akan mempunyai penampilan yang prima. Kita dapat memandikan ayam bangkok sekitar pukul 08.00 pagi dengan menggunakan air bersih. Tetapi jangan sekali-kali menggunakan air hangat, sebab air hangat dapat merusak pertumbuhan bulu dan jaringan tubuh.

Sewaktu memandikan kita dalam posisi jongkok dan ayam diapit dengan kedua kaki pada posisi membelakangi kita. Mula-mula bagian kepala ditundukkan dan dibasuh dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air bersih. Posisi menunduk ini meudahkan turunya air yang membasahi muka ayam. Masih dalam posisi menunduk, leher ayam kita pegang dengan tangan kiri, sementara tangan kanan mengguyurkan air dengan tangan kanan mengguyurkan air secara perlahan-lahan hingga mengenai bagian tengkuk sampai pangkal sayap. Sesudah itu leher dibasuh dengan handuk supaya tidak tidak terlalu banyak kandungan air pada bulu hiasnya.

Kemudian bagian dada di basuh dengan handuk hingga ke bawah sampai ke bagian belakang (kloaka). Daerah sekitar kloaka harus benar-benar bersih sebab kotoran sering menmpel dibagian ini. Selanjutnya pemandian diteruskan kebagian sayap sampai ketiak dan bagian paha serta kaki ayam dibasahi hingga betul-betul bersih. Bagian yang terakhir lkali dibersihkan adalah brutu. Perlu diingat bahwa setiap kali habis di pakai, handuk hendaknya selalu dicuci dan diperas supaya tetap bersih dan mengandung air secukupnya.

Bagian punggung tidak perlu dimandikan, karena jika sering kena air justru dapat merusak bulu-bulu sehingga menjadi kusut dan mudah patah.


Nah, setelah dimandikan, selanjutnya ayam bangkok kesayangan anda tinggal di jemur. Untuk mengetahui tips menjemur ayam bangkok Klik Disini 

Demikian Tips Memandikan Ayam Bangkok untuk anda. Semoga Bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar