Cara Merawat Anakan Ayam Bangkok Umur 1-4 Bulan

Written By Dedy Purnama on Rabu, 07 Maret 2012 | Rabu, Maret 07, 2012

Cara Merawat Anakan Ayam Bangkok Umur 0-4 Bulan- Dimulai semenjak anakan Ayam Bangkok (DOC) menetas hingga berumur 4 Bulan adalah fase pertumbuhan dan pembentukan fisik yang utama pada ayam bangkok. Pada masa-masa ini pertumbuhan ayam berjalan dengan cepat. Pada tahapan inilah seharusnya seekor anakan Ayam Bangkok (DOC) mendapat asupan pangan dan kebebasan gerak yang maksimal untuk mendukung pertumbuhan mereka. Jika tidak, maka upaya dan kerja keras kita membesarkan anakan Ayam Bangkok akan sia-sia belaka. Anakan yang memiliki asupan pangan dan kebebasan gerak yang minim pada fase ini akan memiliki postur, tulangan dan kekuatan fisiknya tidak maksimal sehingga tidak layak untuk menjadi seekor ayam petarung yang berkualitas (baca juga: Pemeliharaan Ayam Bangkok Remaja )


Anakan Ayam Bangkok (DOC) dari menetas hingga berumur 4 bulanan harus menerima asupan pakan yang memiliki kadar protein, karbohidrat, mineral, vitamin dan air yang seimbang. Dalam kebiasaan kebanyakan peternak Ayam Bangkok porfesional sehari-hari dalam mendukung pertumbuhan Ayam Bangkok, mereka memberi pakan dengan campuran 1 : 5 (Contoh: 1 Kg susu bubuk dicampur dengan 5 Kg voer). Campuran susu bubuk berguna untuk mendukung pertumbuhan tulangan, otot, bulu dan bagian-bagian tubuh lainnya pada anakan Ayam Bangkok. Susu yang digunakan tidak perlu susu yang berharga mahal, susu murahpun sudah cukup mengandung protein, karbohidrat, mineral dan vitamin- vitamin yang dibutuhkan oleh anak ayam. Nah, jika kita sudah menggunakan campuran susu untuk anakan Ayam Bangkok maka berbagai pakan lainnya yang mengandung mineral dan multi vitamin tidak terlalu dibutuhkan lagi karena sudah tersedia dalam kandungan susu bubuk.

Berdasarkan pengalaman dari banyak peternak Ayam Bangkok Profesional, pertumbuhan anakan Ayam Bangkok (DOC) yang diberikan campuran susu akan jauh lebih baik ketimbang yang tidak diberikan campuran susu. Anakan yang diberikan campuran susu pada pakannya akan terlihat lebih energik serta memiliki postur otot dan tulangan yang lebih kuat. Karena itu pemberian susu yang di campur ke dalam pakan voer untuk anakan Ayam Bangkok sudah menjadi kebiasaan wajib bagi kebanyakn peternak profesional. Karena bagaimanapun, sungguh sangat disayangkan jika usaha kerja keras kita untuk membesarkan anakan Ayam Bangkok menjadi sia-sia ketika kita mendapati Ayam Bangkok remaja menjelang usia perawatan mempunyai tulangan dan fisik yang tidak ideal untuk tarung. Karena bagaimanapun Ayam Bangkok dilahirkan untuk dinikmati gaya tarung dan postur tubuhnya yang indah. Dalam dunia ternak Ayam Bangkok, konsumsi pangan yang tepat sewaktu proses pembesarannya adalah sesuatu yang mutlak.

Mengutip kata seorang kawan saya "jika melihara Ayam Bangkok untuk dipotong, mending pelihara Ayam Broiler aja" hehe.. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel Cara Merawat Anakan Ayam Bangkok Umur 1-4 Bulan ini, semoga bermanfaat dan salam hormat dari saya.

(sumber referensi: AyamBangkok.COM)

0 komentar:

Poskan Komentar