Ayam Bangkok Ganti Bulu (ngurak)

Written By Unknown on Senin, 02 September 2013 | Senin, September 02, 2013

Ayam Bangkok Ganti Bulu (ngurak) adalah suatu proses alamiah yang terjadi pada ayam bangkok khususnya dan species unggas pada umumnya. pada ayam bangkok biasanya ganti bulu terjadi setiap tahun dan lama proses pergantian bulu ini kurang lebih selama 4 Bulan. Proses pergantian bulu pada ayam bangkok aduan harus dilihat sebagai proses istirahat panjang dan memerlukan perlakuan yg istimewa dari para pemilik, sehingga di harapkan para pemilik harus sabar dan telaten merawat ayam bangkok kesayangannya. 

Dalam masa proses pergantian bulu ini ayam bangkok membutuhkan protein, vitamin dan mineral dengan kadar yang lebih tinggi (bahkan lebih tinggi dari ayam yg di siapkan untuk tarung sekalipun). Makanan yang baik pada masa ayam ganti bulu adalah pakan grower ayam petelur yang mengandung protein 16% dan ditambahkan dengan 2% mineral. Pemberian minyak ikan tidak dianjurkan, karena minyak ikan mengandung 87% asam lemak tak jenuh dan 55% asam linoleat, sementara bulu di bentuk dari protein dan mineral, terutama kalsium dan phospor. Berikan Vit.E dosis tinggi sehingga dapat mempercepat pertumbuhnya bulu-bulu baru.

Pada saat ganti bulu, ayam bangkok tidak perlu di umbar terlalu sering, cukup 3 hari sekali untuk mengepakan sayap dan melemaskan otot kaku. Jangan memandikan ayam bangkok anda pada masa ini. Peganglah ayam bangkok dengan hati-hati karena ayam yang sedang dalam proses pergantian bulu muda akan sangat kesakita jika tersentuh. Hindarkan ayam bangkok dari ayam betina yang gemar memakan bulu muda. Bulu muda ini mengandung kadar phospor tinggi tinggi. Pada anakan ayam bangkok, kekurangan phospor pada makanan akan mengakibatkan ayam jadi kanibali/saling memakan bulu.

Mengawinkan ayam pada masa ganti bulu harus diperhatikan jumlah dan mutu pakan yang diberikan. Ayam bangkok akan turun nafsu kawinnya jika kekurangan karbohidrat, jangan takut ayam bangkok anda jadi gemuk dan otot kendur pada masa ini. Ayam yg kekurangan protein akan menghasilkan mutu sperma yang rendah yang pada akhirnya mengakibatkan kualitas tetasan jadi tidak baik. 

Setelah bulu tumbuh sempurna, anda dapat kembali melatih ayam bangkok sepeti semula. Rubah pakan kembali seperti semula, mulai mandikan ayam dan menjemurnya. Setelah 2 minggu, pakai air kapur sirih untuk menghilangkan minyak pada bulu Ayam. Pembuangan minyak pada bulu,a gar air mudah meresap ketika dimandikan dan juga memudahkan pengeringan ketika suhu ayam bangkok naik.

Demikianlah pola perawatan Ayam Bangkok Ganti Bulu (ngurak). Semoga bermanfaat untuk anda semua. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar