22 Fakta Menakjubkan Dari Lebah Madu

Written By Unknown on Selasa, 26 Agustus 2014 | Selasa, Agustus 26, 2014

22 Fakta Menakjubkan Dari Lebah Madu – Halo pembaca setia ngeblog.com, kali ini kita membahas mengenai Lebah, binatang penghasil madu yang ternyata begitu menakjubkan. Banyak pelajaran yang bisa di ambil dari seekor lebah, baik itu tentang kolektivisme, kerja keras dan hidup bermanfaat untuk sesama. Berikut adalah beberapa fakta tentang lebah madu, selamat membaca:
1. Lebah Madu

  1. Lebah Madu telah ada selama jutaan tahun yang lalu.
  2. Lebah adalah satu-satunya serangga yang memproduksi makanan untuk manusia.
  3. Madu adalah satu-satunya makanan yang memiliki semua zat yang di perlukan untuk. bertahan hidup termasuk vitamin, enzim, mineral dan air.
  4. Madu juga satu-satunya makanan yang mengandung “pinocembrin”, antioksidan yang terkait dengan peningkatan fungsi otak.
  5. Lebah Madu memiliki 6 kaki, 2 mata majemuk yang terdiri dari ribuan lensa kecil (satu di setiap sisi kepala), 3 mata sederhana di bagian atas kepala, 2 pasang sayap, kantong nektar dan perut.
  6. Indra penciuman Lebah Madu bisa membedakan ratusan varietas bunga yang berbeda dan mengenali apakah bunga tersebut memiliki serbuk sari atau nektar.
  7. Lebah Madu memiliki kepakan sayap yang sangat cepat yakni sekitar 200 kepakan per detik sehingga membuat mereka terkenal memiliki dengungan khas mereka.
  8. Seekor Lebah Madu bisa terbang hingga jarak 6 mil dan secepat 15 mil per jam.
  9. Rata-rata Lebah pekerja bisa menghasilkan sekitar 1/12 sendok teh madu dalam hidupnya.
  10. Sekelompok lebah dapat tebang hingga 90 mil (setara dengan 3 kali mengelilingi bumi) untuk mengumpulkan 1 Kg madu.
  11. Dibutuhkan 1 ons madu sebagai “bahan bakar” lebah untuk dapat terbang ke seluruh dunia.
  12. Lebah Madu dapat mengunjungi  50 hingga 100 bunga dalam setiap kali perjalanannya.
  13. Otak lebah berbentuk oval dan hanya seukuran biji wijen, namun memiliki kapasitas yang luar biasa untuk belajar dan mengingat suatu hal dan mampu membuat perhitungan yang kompleks pada jarak tempuh dan efisiensi dalam mencari makanan.
  14. Sebuah koloni lebah terdiri dari 20,000-60,000 lebah madu dan satu Ratu. Lebah pekerja madu adalah perempuan, hidup selama sekitar 6 minggu dan melakukan semua pekerjaan.
  15. Ratu Lebah bisa hidup sampai 5 tahun dan merupakan satu-satunya lebah yang bertelur. Dia sangat sibuk di musim panas, saat sarang harus berada dalam kekuatan maksimum untuk meletakkan hingga 2500 telur per hari.
  16. Lebih Jantan lebih  besar dari lebah pekerja, lebah madu jantan (juga disebut drone), tidak memiliki alat penyengat dan tidak melakukan pekerjaan sama sekali. Satu-satunya pekerjaan yang mereka lakukan adalah kawin.
  17. Setiap koloni lebah madu memiliki bau yang unik untuk identifikasi anggota jadi mereka tidak akan tersesat ke dalam kawanan lain.
  18. Hanya lebah pekerja saja yang bisa menyengat, itupun jika mereka merasa terancam.
  19. Lebah pekerja akan mati setelah mereka menyengat.
  20. Diperkirakan ada 1.100 kasus yang fatal akibat sengatan lebah.
  21. Lebah madu berkomunikasi satu sama lain dengan menari.
  22. Pada musim dingin, lebah madu memakan madu yang mereka kumpulkan pada musim panas selama berbulan-bulan. Mereka membentuk cluster ketat dalam sarang mereka untuk menjaga ratu dan diri mereka agar tetap hangat.

2. Sedang Menghisap Bunga
Pada akhirnnya kita harus belajar dari lebah madu. Mereka bisa hidup dalam masyarakat yang terorganisir dan bertindak dalam kerja sama yang rumit. Maka tidak heran jika koloni lebah disebut sebagai organisme super.
Terima kasih untuk Anda telah membaca 22 Fakta Menakjubkan Dari Lebah Madu ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Salam berbagi..

photo credit 1: __MaRiNa__ via photopin cc
photo credit 2: Gustavo (lu7frb) via photopin cc