16 Trik Memelihara Ayam Adu

Written By Dedy Purnama on Rabu, 08 Agustus 2012 | Rabu, Agustus 08, 2012


16 Trik Memelihara Ayam Adu - Kawan-kawan, iseng-iseng berselancar di google, searching soal ayam bangkok sehingga ketemu artikel bagus (menurut saya) mengenai tips dan trik memlihara ayam aduan ini. Ini artikel dimaksud, silahkan dicoba pada ayam kesayangan anda di rumah, salam ayam bangkok(^?^)
 
1.    Meningkatkan Stamina
Stamina adalah syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seekor ayam aduan. Seperti halnya atlet, sebelum bertanding, biasanya stamina ayam aduan harus di jaga dan di tingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan stamina ayam aduan adalah dengan memberi larutan Gula Merah dicampur Asam Jawa secukupnya. Jamu ini diminumkan ke ayam sebelum diadu. Untuk ayam konsumsi, sebaiknya jamu ini diberikan bila cuaca dalam keadaan ekstrem atau memasuki musim pancaroba untuk menjaga daya tahan tubuhnya.
2.    Memulihkan Stamina Ayam Setelah Tarung
Ayam yang selesai bertarung, staminanya akan menurun drastis. Kondisi ini jika tidak segera diatasi, akan menyebabkan ayam rentan terkena penyakit. Pemberian Madu secukupnya dicampur Kuning Telor Bebek 1 butir akan mengembalikan stamina yang drop pada ayam aduan anda. Berikan jamu ini dengan cara diminumkan.
3.    Meningkatkan Gairah Kawin Pada Ayam Jantan
Agar gairah kawin pada pacek tetap tinggi sehingga secara teratur bisa mengawini betina, ayam jantan pemacek membutuhkan perawatan intensif. Selain diberi cukup pakan juga perlu diberi obat penyehat tubuh dan penambah gairah kejantanan. Berikut ini beberapa jamu yang bisa diberikan:
o   Bawang Putih 2 siung dilumatkan lalu dicampur Nasi Hangat 1 SDM. Jamu ini dilolohkan untuk satu ekor pejantan dan pemberiannya rutin setiap 4 hari sekali.
o  Jahe Segar 2 potong sebesar ibu jari diparut dan diperas airnya. Air Jahe ini dicampur sebutir Kuning Telor Bebek dan diberikan setiap Minggu sekali untuk seekor pejantan.
o  Tepung Beras 2 cangkir dicampur Kencur Parut 1 cangkir, lalu dibentuk menjadi butiran pil sebesar biji jagung. Selanjutnya pil ini dijemur sampai kering. Pemberiannya sebanyak 5 pil/minggu untuk setiap ekor ayam pejantan.
o  Lada 100 g disangrai sampai kering, lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk halus. Bubuk Lada ini dicampur Kencur Parut 0,5 Kg, Kuning Telor Bebek 5 butir dan Madu 1 sendok makan hingga terbentuk adonan kental. Adonan dibentuk butiran sebesar jari kelingking dan dijemur sampai kering. Sebanyak2 butiran jamu diberikan sehari sebelum ayam digunakan sebagai pejantan.
o  Jahe Segar 1 ruas jari diparut dan airnya diperas. Air Jahe dicampur Bubur Nasi 1 sendok makan dan disuapkan keseekor ayam pejantan. Pemberiannya seminggu sekali.
4.    Meningkatkan kualitas telor
Telor berkualitas dapat dilihat dari warna kuning telornya kuning cerah atau kemerahan. Agar kuning telor menjadi kemerahan, ayam yang sedang aktif bertelor dapat diberikan azolla sebagai tambahan bahan pakan.Perbandingan pakan dan azolla 4 : 1. Azolla merupakan sejenis tanaman paku air yang mengandung asam amino esensial. Asam amino esensial inisangat dibutuhkan oleh tubuh ayam.
5.    Meningkatkan Nafsu Makan
Ayam kurang sehat akan turun nafsu makannya. Untuk meningkatkan nafsu makan,ayam tersebut dapat diberikan salah satu dari beberapa ramuan berikut:
Ø  Bawang putih 3-4 iris dicampur dalam pakan. Ramuan ini diberikan untuk 10 ekor ayamdewasa setiap pagi.
Ø  Bubuk jahe 10 g dicampur dalam pakan dan diberikan setiap pagi. Dosis ramuan ini untuk 10 ekor ayam dewasa.
Ø  Jahe segar 2 ibu jari diparut dan diperas. Air perasannya dicampur Kuning Telor Bebek 1 butir. Dosis ramuan ini untuk seekor ayam dewasa dan diberikan setiap Minggu. Selain meningkatkan nafsu makan, pemberian pada Pejantan akan meningkatkan nafsu kawin.

6.        Menghilangkan Jamur Warna Putih Di Jengger Atau Kepala Ayam Setelah Diadu.
Ambil minyak jelatah (minyak yang dipakai berulang kali untuk menggoreng) secukupnya tambah sedikit garam dapur lalu oleskan pada bagian kepala yang putih karena jamur. Lakukan pengolesan 2 x sehari pagi dan sore hari.
7.        Untuk Memerahkan Jengger Ayam Agar Kelihatan Lebih Merah.
Ambil daun kacang pagarsecukupnya peras airnya lalu oleskan ke jenggar ayam.
8.        Mencegah Jengger Ayam Setelah Diadu Agar Tidak Ditumbuhi Jamur Yang Berwarna Putih.
Ambil daun Pariyo (buahnya pahit) lalu giling dan peras airnya kemudian oleskan pada jengger ayam yang luka setelah bertarung luka juga cepat kering.
9.        Mengeringkan Sisik Kaki Ayam.
Ambil tepung sadah (sadah untuk makan sirih) tambah sedikit air lalu oleskan pada sisik ayam setiap hari sampai sisik ayam menjadi kering. Bisa juga dibantu dengan tablet calk (tablet calsium untuk membantu pertumbuhan pada anak-anak). Untuk mengetahui bagaimana kaki dan sisik ayam adu yang bagus baca juga Memilih Kaki dan Sisik Ayam Aduan
10.  Mempercepat Tumbuh Bulu, Baik Untuk Masa Mabung Dan Untuk Bulu Yang Tumbuh Nyisip.
Berikanlah pada ayam vitamin A berupa Minyak Ikan Hiu ditambah vitamin B komplek. Obat bisa dibeli di apotik.
11.    Untuk Mengatasi Jalu Ayam Supaya Tidak Terlalu Panjang.
Biasanya orang akan memotong jalu ayam jika telah berumur atau jalu terlalu panjang, nah kita bisa mengakalinya supaya jalu tidak terlalu panjang, atau menghambat pertumbuhan jalu sesuai yang kita inginkan. Ambil buah kentang yang sebesar jempol tangan lalu olesi dengan minyak goreng, kemudian dibakar (atur jaraknya dengan api) setelah panas kentang ditusukkan pada jalu ayam. Lakukan beberapakali selama tiga hari atau sampai darah didalam jalu membeku maka jalu ayam akan berhenti pertumbuhannya, ayam akan selalu kelihatan muda.
12.    Untuk Menjaga Kondisi Ayam Tetap Fit
Berikanlah ayam multi vitamin seminggu sekali. Jemur ayam 2 jam sehari mulai jam 9 sampai jam 11 siang jangan diberi air minum kemudian teduhkan dibawah pohon selama 15 menit baru ayam diberikan air minum.
13.    Mengatasi Ayam Ngorok.
Bersihkan tenggorokkan ayam dengan bulu yang lembut kemudian beri makan campuran nasi dengan pur (pellet yang dijual) yang telah dibasahi dan dibantu dengan pemberian multivitamin. Jauhkan dari sinar matahari langsung.
14.    Ayam Lumpuh Atau Ayam Susah Berjalan Habis Diadu Dan Lumpuh Karena Dikurung Lama.
Ambil batang Serai olesi dengan Minyak Goreng lalu panaskan setelah itu urutkan pada kaki ayam yang sakit. Setelah selesai tunggu kira-kira 2 jam kemudian ayam direnangkan seletih letihnya, lalu ayam dijemur dibawah matahari langsung lakukan 2 kali seminggu, bantu dengan pemberian multi- vitamin.
15.    Untuk Memperbaiki Penampilan Ayam
Jika ada bulu sayap atau bulu ekor yang patah sebaiknya dicabut saja. kemudian ayam diberikan Minyak Ikan Hiu dan vitamin B komplek untuk mempercepat pertumbuhan bulu. Selama masa ini hindari pemberian pakan dengan campuran nasi.
16.    Untuk Mempermuda Penampilan Ayam.
Biasanya ayam yang sudah tua sisik kakinya tebal dan jelek, untuk mempermuda penampilan ambilah tepung soda kue kasih sedikit air kemudian oleskan pada kaki ayam lakukan beberapa kali dilain hari. Maka sisik yang tebal itu akan terkelupas dengan sendirinya.
Semoga 16 Trik Memelihara Ayam Adu ini bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Poskan Komentar