Inilah Tanda Anda Mengalami Keracunan Makanan

Written By Unknown on Rabu, 08 Agustus 2012 | Rabu, Agustus 08, 2012

Inilah Tanda Anda Mengalami Keracunan Makanan - Makan merupakan aktifitas manusia yang rutin dilakukan untuk tetap hidup. Berbagai makananpun tersedia dan di buat untuk memenuhi selera manusia. Sayangnya terkadang makanan yang kita makan tidak membawa kenikmatan bagi kita, bahkan terkadang membawa masalah kesehatan bagi tubuh kita. Salah satunya adalah keracunan makanan, dimana hal ini terjadi ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung racun seperti,virus, bakteri atau parasit.

Tidak semua kasus keracunan harus ditangani secara medis, apabila kasusnya tergolong ringan bisa ditangani sendiri, sedangkan jika parah dan sampai mengancam jiwa harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Beberapa tanda-tanda keracunan makanan, seperti:

1. Perut Kram

Perut kram umumnya terjadi setelah beberapa saat mengkonsumsi makanan yang mengandung racun, atau dalam waktu 12-72 jam. Keadaan ini merupakan salah satu usaha tubuh menolak racun yang masuk ke perut. Kram perut biasanya hilang sendiri dalam waktu 4-7 hari, tapi jika kram perutnya parah segera bawa ke dokter.

2. Muntah dan diare

Muntah dan diare merupakan akibat umum dari keracunan makanan, dimana tubuh melakukan usaha untuk membersihkan diri dari racun yang masuk. Jika muntah dan diare berlangsung terus menerus akan dapat menghilangkan nutrisi penting dan cairan tubuh. Segera cari pertolongan medis apabila semakin parah.

3. Dehidrasi

Dehidrasi berarti kehilangan cairan tubuh, elektrolit dan juga mineral yang bisa menimbulkan masalah serius bagi kesehatan. Kondisi dehidrasi diperparah dengan adanya diare dan muntah.

Untuk dehidrasi yang parah akan membutuhkan cairan pengganti (lewat infus). Untuk mencegah dehidrasi sebaiknya tetap minum air yang banyak atau minuman yang mengandung elektrolit.

Ketika kita sedang mengalami keracunan, makanan yang baik untuk dikonsumsi antara lain pisang, nasi, roti dan apel, setelah 2 hari boleh mengkonsumsi kentang, wortel yang dimasak, biskuit serta sayuran lainnya.

Sedangkan untuk minumannya bisa air putih, minuman yang mengandung elektrolit, teh herbal atau jus buah (jangan jus pir atau jus apel, karena bisa memicu diare).

Sedangkan makanan dan minuman yang harus dihindari yaitu makanan kaya serat, makanan berlemak, makanan minuman yang terlalu manis, pedas, minuman bersoda dan yang mengandung kafein.

Oke sobat ngeblog.com, sampai disini artikel Inilah Tanda Anda Mengalami Keracunan Makanan, semoga bermanfaat untuk sobat semua.. Salam.

Sumber: http://gayahidupsehat.org/tanda-tanda-keracunan-makanan/
photo credit: New Talent Modelling via photopin cc

0 komentar:

Posting Komentar