Postur Tubuh Ideal Ayam Adu

Written By Dedy Purnama on Rabu, 01 Februari 2012 | 00.09

Postur tubuh yang baik tidak jangkung dan tidak pendek. ayam yang terlalu jangkung akan mengalami kesulitan ketika mendapat lawan yang pendek. Dapat dipastikan, lawan akan main kolong atau nyerang dari bawah. Ketika selesai melakukan pukulan kaki dengan gaya atas, ayam akan limbung sesaat setelah mendarat. Hal ini terjadi jika ayam tidak memiliki kuda-kuda yang kokoh. ayam aduan yang baik memiliki dada yang bidang atau njantung.

Bentuk paha seperti paha jangkrik, lebar dan pipih disisi kanan dan kiri serta menonjol kedepan. Jika paha berbentuk bulat, tendangan atau pukulan bawahnya akan kurang. Sisik kaki kering atau tangkai kaki bawah berbentuk bulat kristal menjalin dan mengkilat. Kaki memiliki taji paling keatas dengan panjang sekitar ruas jari kelingking. Ayam yang memiliki taji tipe ini, pukulanya akan selalu masuk.

Tulang capit udang adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut tulang yang berada dibawah sekitar dubur ayam dan bentuknya seperti capit udang. ayam aduan yang baik memiliki tulang capit udang yang keras dan rapat dengan jarak atau celah capit udang sekitar 0,5 cm. Ayam jago yang memiliki capit udang bagus, pukulan kakinya akan keras dan lebih agresif menyerang saat tarung. Mengetahui capit udang dapat dilakukan dengan cara meraba tulang bagian bawah dubur ayam. Capit udang bisa diidentifikasi ketika ayam berumur 5 bulan atau anakan. Anakan yang memiliki capit udang rapat dan keras sangat berpotensi untuk dilatih menjadi calon ayam adu yang tangguh.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar