Tips Agar Kijang Innova Anda Tidak Boros BBM

Written By Unknown on Rabu, 18 Januari 2012 | Rabu, Januari 18, 2012

Toyota Kijang Innova, dengan imagenya yang boros BBM, segera ditepis oleh komunitas Innova. Komunitas ini melakukan beberapa modifikasi agar tunggangan mereka tetap efisien dan hemat BBM.

Untungnya, Innova community dengan murah hari mau membagi-bagikan ilmunya pada kita, sehingga Innova kesayangan kita tetap dapat sering digunakan tanpa khawatir masalah BBM.

Menurut Andi, salah satu perwakilan dari Innova Community, hal dasar yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki kinerja mesin Gasoline untuk mencapai efisiensi BBM yang lebih baik adalah dengan melakukan perbaikan torsi/pumping power pada RPM rendah, sehingga mobil bisa melakukan pergantian gigi lebih awal tanpa harus membuat mesin berputar ke RPM yang lebih tinggi.

"Hal umum yang banyak dilakukan biasanya dengan membuat AFR sedikit lebih rich (slightly rich) dengan tujuan memperbaiki Torsi pada RPM rendah. Tapi sedikit lebih rich saja ya, jangan sampai kelewat rich," ujar Andi ketika dihubungi detikOto, Kamis (12/2/09)

Andi menambahkan, mengingat kondisi mesin pada tiap-tiap mobil berbeda, maka idealnya setting AFR juga diikuti dengan pengamatan terhadap warna ujung elektroda busi.

Selain itu juga dengan memajukan timing pengapian agar mesin bisa mesin bisa mencapai thermal efficiency yang lebih baik.

Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki pumping power / mengurangi pumping loss yang diakibatkan mekanisme throttle.

Salah satunya bisa dilakukan dengan cara menambah suplai udara ke intake antara Throttle Body dan Cyl head, hanya saja debit udara yang masuk harus benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan mesin.

Kecepatan aliran udara yang menuju mesin / intake manifold juga sangat penting, demikian juga suhu udaranya. Cara untuk membantu mempertahankan kecepatan aliran udara menuju mesin ada bermacam macam, yang terpenting adalah metode yang diterapkan tidak boleh menimbulkan hambatan pada RPM tinggi.

Demikian penjelasan Andi mengenai salah satu cara auntuk melakukan efisiensi dan penghematan bahan bakar pada Innova kesayangan. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menghubungi dedengkotnya Innova Community, Kicky di nomor 0818922726.
Dari detik.com

2 komentar:

dicksonadacara mengatakan...

Terima kasih atas informasinya...

Unknown mengatakan...

Sama-sama, semoga infonya bermanfaat...

Posting Komentar