Cara Berhenti Merokok

Written By Unknown on Selasa, 11 Oktober 2011 | Selasa, Oktober 11, 2011

Begini Cara Berhenti Merokok - Sebenarnya semua sudah mengetahui kalau merokok itu tidak baik untuk kesehatan, namun para orang orang sudah terlanjur merokok mengindahkan kesehatan mereka hanya untuk kenikmatan serta kepuasaan. Banyak orang yang sudah mencoba untuk berhenti merokok tapi mengaku sangatlah susah sebab mereka terlanjur ketagihan. Oleh karena itu disini saya mencoba menulis tentang cara berhenti merokok atau Tips berhenti merokok untuk anda yang saya kutip dari pengalaman pribadi teman di forum kaskus.

Pastinya anda sadar bila merokok tidak hanya merugikan kesehatan tetapi juga merugikan ekonomi anda, saat ini harga sebungkus rokok rata rata 10 ribu rupiah mari kita hitung saja sebulan sudah menghabiskan 300 ribu rupiah, setahun sudah 3.600.000 rupiah. Jika anda terus merokok sampai 10 tahun kedepan anda akan menghabiskan uang sekitar 36 jt rupiah hanya untuk membeli rokok, ini jika hitungannya sehari cuman menghabiskan 1 bungkus rokok belum lagi kalo lebih dan juga pastinya harga rokok dari waktu kewaktu selalu naik. 36 juta rupiah itu sudah dapet 3 motor bebek lho, bayangkan jika dalam 10 tahun kita bisa beli 3 motor itu merupakan itu merupakan sesuatu yang hebat. Lalu tunggu apa lagi, lakukanlah TIDAK MEROKOK HARI INI, dan lakukan setiap hari. Berikut tips berhenti merokok yang saya kutip:

1. Langsung berhenti. Berhenti merokok dengan mengurangi jumlah rokok atau mengganti dengan rokok kadar nikotin yang lebih rendah kurang efektif. Untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiktif itu, perokok cenderung menyedot asap rokok secara lebih keras, lebih dalam, dan lebih lama. Para perokok perlu merasakan nikotin bekerja, jadi ketika mereka mengisap rokok rendah nikotin, mereka mengisap lebih kuat dan lebih sering untuk mendapatkan dosis yang sama. Sayangnya, ketika agan mengisap rokok yang menyala secara lebih kuat, agan juga mengisap lebih banyak karbon monoksida. Hal ini akan memaksa tubuh agan membentuk lebih banyak hemoglobin, yang akan membuat darah agan lebih kental, yang meningkatkan resiko agan terserang stroke.

2. Rencanakan sebuah tanggal sebagai hari-H berhenti merokok. Sebelum sampai pada tanggal itu, singkirkan asbak, korek api, dan hal-hal yang bisa memicu agan kembali merokok. Baru setelah tiba pada tanggal itu, berhentilah merokok sama sekali. Umumkan kepada siapa pun bahwa agan akan berhenti merokok pada tanggal tersebut. Semakin banyak yang mendengar semakin bagus. Bahkan semakin bagus jika banyak yang meragukan niat agan tersebut.

3. Lakukan analisis atas kebiasaan-kebiasaan merokok yang telah dilakukan selama ini. Misalnya:
- Kapan waktu tersering agan merokok
- Kapan agan secara otomatis ingin merokok
- Pemicu keinginan untuk merokok, seperti stres, waktu kedatangan di tempat kerja dan lain-lain. indari pemicu ini atau jika itu tidak mungkin, rencanakan cara-cara alternatif untuk mengatasi pemicu.
Hasil analisis ini akan membantu dalam mengerem keinginan merokok.

4. Minum banyak air. Ini akan membantu menyiram nikotin dan bahan kimia lain dari tubuh agan, ditambah lagi dapat membantu mengurangi kecanduan dengan memenuhi “keinginan lisan” yang mungkin agan miliki.

5. Untuk mengatasi gejala putus zat, santaplah makanan rendah kalori.

6. Minum sari jeruk. Bagian paling sulit dari berhenti adalah ketika Anda harus mengatasi reaksi-reaksi akibat hilangnya asupan nikotin, dan ini bisa berlangsung selama satu atau dua pekan. Akan tetapi agan akan lebih mudah mengatasi reaksi-reaksi seperti mudah tersinggung, cemas, bingung, sulit konsentrasi, dan sulit tidur akibat penghentian asupan nikotin secara jauh lebih cepat apabila agan banyak meminum sari jeruk selama masa itu. Itu karena sari jeruk membuat urin agan lebih asam, jadi lebih cepat mengusir nikotin dari tubuh. Selain itu rasa jeruk dalam mulut bisa membuat agan merasa bahwa rokok tidak enak.

7. Untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh yang berubah itu setelah agan tidak merokok, rajinlah olahraga.

8. Bersihkan gigi dan rasakan sensasi baru yang lebih sehat bagi mulut anda.
Menyikat gigi akan mengubah rasa dalam mulut dan membuat keinginan untuk merokok berkurang.

9. Kurangi tidur larut malam untuk menghindari merokok karena kantuk, mengusir rasa dingin, dan bosan yang muncul.

10. Mengubah kebiasaan sehari-hari. Kebiasaan seperti merokok setelah makan, dan sambil minum kopi cobalah di ubah. Buatlah kebiasaan baru. Seperti berjalan-jalan setelah makan, dan belajar menikmati kopi agan tanpa rokok.

11. Waspada pada hari-hari awal. Hari-hari awal akan terasa sangat berat. Cobalah mengalihkan perhatian.
Buat tangan dan mulut agan tetap sibuk misalnya dengan mengunyah permen karet bebas gula.

12. Sementara menjauhi bar dan kafe. Godaan terbesar untuk merokok lagi adalah ketika agan pergi ke bar atau kafe.

13. Sebisa mungkin berusaha menghindari berada diantara orang-orang yang merokok atau lingkungan yang tidak bebas rokok.

14. Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik. Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok. Jangan dengarkan mereka yang menganggap agan lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok. Karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok.

15. Lawanlah godaan untuk merokok, meski hanya satu hisapan saja. Satu hisapan akan mudah diikuti dengan hisapan-hisapan lain, dan upaya keras agan akan jadi sia-sia.

16. Kalau anda hampir menyerah, tundalah sepuluh menit lagi. Hasrat yang kuat itu akan padam. Kalau masih ingin merokok, tariklah napas dalam-dalam melalui mulut, lalu keluarkan secara perlahan dengan menyempitkan bibir agan. Ulangi 5-10 kali.

17. Yakinkan diri bahwa berhenti merokok sama sekali tidak sia-sia. Pikirkan kualitas hidup yang lebih baik jika bebas dari asap rokok dan cepat mati jika terus merokok.

18. Mintalah dukungan dari teman-teman dan keluarga, atau dari perkumpulan yang sama-sama ingin berhenti merokok.

19. Hubungi orang yang mendukung agan berhenti merokok saat agan ingin merokok.

20. Buat daftar semua alasan dan keuntungan dari berhenti merokok.
Saat agan merasa sangat ingin merokok, lihat kembali daftar alasan berhenti merokok yang agan tulis.

21. Gunakan uang yang seharusnya anda gunakan untuk membeli rokok itu untuk membeli hadiah kepada diri agan sendiri untuk menghargai usaha keras anda berhenti merokok.

22. Setelah berhenti, jangan pernah merokok lagi, tidak bahkan satu hisapan saja. Nikotin sangat kuat sehingga satu hisapan saja akan membuat kecanduan lagi. Tidak ada batas aman untuk boleh merokok lagi setelah berhenti, tidak walau sudah bertahun-tahun mampu lepas dari rokok. Satu hisapan saja, berarti agan telah memasukkan nikotin, zat beracun dan sangat membuat ketagihan, ke dalam tubuh agan.

23. Terakhir percaya pada diri sendiri. Percaya bahwa agan dapat berhenti. Pikirkan tentang beberapa hal yang paling sulit yang telah agan lakukan dalam hidup agan dan menyadari bahwa agan memiliki keberanian dan tekad untuk berhenti merokok.

photo credit: bitterlysweet via photopin cc

0 komentar:

Posting Komentar